Nama Tempat WisataWisata Mangrove Gunung Anyar
LokasiJl. Medokan Sawah Timur, Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut
ProvinsiJawa Timur
Telepon(031) 77633900
Jam BukaSetiap hari pukul 07:00 – 17:00 WIB
Harga TiketGratis
Harga ParkirSepeda Motor Rp. 3.000,00
Petunjuk ArahKlik di sini

Ibu kota Jawa Timur yaitu kota Surabaya terkenal sebagai sebuah kota yang panas. Namun, tahukah Anda bahwa kota ini memiliki tempat wisata yang menawarkan kesejukan? Wisata Mangrove Gunung Anyar adalah salah lokasi wisata alam nan sejuk dan asri yang ditawarkan oleh kota Pahlawan ini. Anda dapat sejenak melupakan kesibukan dan kebisingan kota dengan mengunjungi lokasi wisata alam Surabaya ini.

Kawasan hutan mangrove ini mirip dengan hutan mangrove Wonorejo, hanya saja lokasi ini belum selesai digarap oleh pemerintah kota Surabaya. Jadi fasilitas yang ditawarkan belum selengkap wisata Wonorejo karena masih dalam tahap pengembangan. Namun, Anda masih tetap dapat menikmati indahnya dan sejuknya hutan mangrove sambil berfoto ria.

Baca Juga : Menikamti Asrinya Wisata Mangrove Wonorejo di Ibu Kota Jawa Timur

Daya Tarik Ekowisata Mangrove Gunung Anyar

Ekowisata yang satu ini memiliki luas kurang lebih 2,9 hektar. Akses jalan untuk menuju lokasi wisata ini sudah bagus sehingga mudah dilewati baik oleh kendaraan beroda dua maupun kendaraan beroda empat.

Kawasan ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sebelah kiri adalah sungai dan sisi sebelah kanan merupakan lokasi utama. Di bagian sebelah kanan tempat wisata ini Anda dapat menemui berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola.

Walaupun hutan mangrove Gunung Anyar masih dalam tahap pengembangan, namun lokasi ini masih tetap memiliki daya tarik yang dapat Anda nikmati, antara lain:

Gazebo

Di lokasi ini terdapat beberapa gazebo seluas 5 x 5 meter yang dapat Anda gunakan, baik untuk sekedar beristirahat melepas lelah maupun menjadi lokasi event atau acara tertentu dengan ijin dari pengelola. Bahan yang digunakan untuk pembuatan gazebo adalah bambu, sehingga terlihat unik dan keren.

Boardwalk Trail

Agar pemerintah kota Surabaya bisa memberi yang terbaik untuk para pengunjung, di lokasi ini dibangun boardwalk trail yaitu semacam jalan panggung sepanjang 20 meter. Yang menjadikan lokasi ini unik adalah karena jalanannya yang terbuat dari bambu disusun secara memanjang melewati tengah-tengah wilayah pohon mangrove.

Lokasi ini tentunya menjadi salah satu spot foto keren di wisata hutan mangrove Gunung Anyar dengan latar belakang rimbun dan asrinya pepohonan bakau. Bahkan ada yang menyamakan lokasi ini dengan pusat konservasi Lac Laurann Conservancy (LCC) yang berada di wilayah Milwaukee, Amerika Serikat. Jadi, tidak salahnya jika Anda memasukkan kawasan wisata ini dalam paket wisata Surabaya sebagai salah satu destinasi wisata alam terbaik Anda.

Lingkaran Bambu Sebagai Spot Foto

spot foto lingkaran bambu di wisata mangrove gunung anyar

Selain jalanan dari bambu memanjang keren yang juga bisa dimanfaatkan pengunjung sebagai jogging track, lokasi ini juga dilengkapi dengan beberapa lingkaran bambu besar. Lingkaran bambu ini cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berfoto dan beristirahat.

Menara Pandang

Di bagian ujung sebelah timur lokasi hutan mangrove ini terdapat menara pandang setinggi 12 meter. Anda dapat menaiki menara ini untuk melihat hutan bakau dari atas. Perhatikan bahwa menara yang terbuat dari bambu ini hanya mampu menampung 5 orang saja. Jadi Anda harus bergantian untuk bisa menaiki menara dan memandang sekeliling.

Dermaga Bambu

Tepat berseberangan dengan menara pandang, terdapat sebuah dermaga yang lagi-lagi terbuat dari bambu. Di sini pengunjung dapat menyewa perahu untuk menyusuri dan menyaksikan hutan dari sudut pandang yang berbeda.

Perjalanan dengan perahu berawal dari dermaga hingga mencapai muara bahkan Anda berkesempatan untuk melihat laut lepas. JIka ingin naik perahu, Anda harus membayar sewa perahu sebesar kurang lebih 50.000,00 per kepala.

Selain daya tarik di atas, terdapat juga Mushola yang terbuat dari kayu yang dapat digunakan pengunjung untuk beribadah. Jika ingin mengunjungi lokasi, Anda tidak perlu membayar sepeserpun karena tiket masuk Mangrove Gunung Anyar adalah gratis. Ke depan, lokasi ini juga akan dilengkapi dengan sentra kuliner untuk memfasilitasi makan dan minum dari pengunjung.

Pastikan mobilitas Anda dari dan ke lokasi wisata mangrove Gunung Anyar ini terjamin. Jika perlu Anda dapat memilih untuk memilih sewa mobil Surabaya yang terbaik demi keamanan dan kelancaran wisata Anda di kota Surabaya. Selamat berlibur!