Nama Tempat WisataKampung Arab Surabaya
LokasiJl. Ampel Kejeron III No.4, RT.006/RW.02, Ampel, Kec. Semampir, Surabaya
ProvinsiJawa Timur
Telepon
Jam BukaSetiap hari
Harga TiketGratis
Tarif Parkir
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Bagi Anda yang berencana berwisata ke ibukota Jawa Timur namun dengan suasana yang berbeda, Anda dapat memasukkan Kampung Arab ke dalam paket wisata Surabaya Anda. Di lokasi ini Anda dapat berwisata kuliner, berburu pernak-pernik khas Timur tengah dan hunting foto-foto keren. Namun, Anda juga dapat sekaligus berwisata religi, lho.

Lokasi Kampung Arab Surabaya memang berada di wilayah masjid dan makam Sunan Ampel yang terkenal itu. Jadi, bagaikan setali tiga uang, Anda mendapatkan semuanya dalam satu kali wisata di tempat ini.

Sejarah Kampung Arab di Surabaya

Pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1451 menempatkan para pendatang dari Tionghoa. India dan kaum Hadharim (pendatang Arab asal Yaman Selatan) di Benedenstad (Kota Bawah).

Diperkirakan pada tahun 1820 adalah puncak kedatangan para Hadharim banyak berdatangan ke Pulau Jawa. Oleh pemerintah kolonial Belanda, mereka ditempatkan di Wijkenstelsel yaitu distrik tertentu untuk memisahkan pendatang dengan penduduk pribumi.

Pada tahun 1870-an mereka berkembang pesat dan menjadikan wilayah yang berada di Timur Laut sebagai pusat pemukimannya. Lokasi ini dikenal dengan nama Arabische Kamp atau Kampung Arab yang Namanya masih tetap digunakan hingga sekarang.

Di Kampung Arab Ampel Surabaya ini, tradisi dan budaya asli Timur Tengah masih dipertahankan sampai sekarang. Itulah sebabnya mengapa Anda akan merasakan suasana Timur Tengah yang kental di lokasi ini.

Baca Juga : Berwisata Malam Bersama Keluarga di Surabaya Carnival Night Market

Kuliner Kampung Arab Surabaya

Jika Anda penyuka kuliner Timur Tengah, tempat ini adalah lokasi yang tepat untuk Anda jadikan sebagai tujuan jelajah rasa Anda. Beragam kuliner khas Arab tersedia di Jalan Sasak dan konon rasanya pun masih seperti aslinya.

Beragam menu hidangan seperti nasi kebuli, kebab, sambosa, nasi briyani, pukis arab, roti Maryam, gulai kacang hijau, nasi tomat dan masih banyak lagi. Selain itu beragam menu makanan olahan kambing yang dibalut dengan rempah dan bumbu khas Arab tersedia di sini untuk Anda cicipi.

Pastikan bahwa Anda mencoba semua menu kuliner yang tersedia di lokasi wisata ini. Jika mau, Anda dapat juga mencoba Shisha, yaitu rokok Arab untuk melengkapi wisata kuliner Anda di sini.

Lokasi Kampung Arab Surabaya

wisata religi kampung arab surabaya

Wisata yang satu ini berlokasi di desa Ampel, di wilayah makam dan masjid Sunan Ampel yang berada di Jl. Ampel Kejeron III No.4, RT.006/RW.02 Kecamatan Semampir Surabaya. Umumnya, pengunjung yang berwisata religi di lokasi makam dan Masjid Sunan Ampel menyempatkan diri untuk mengunjungi Kampung Arab.

Selain Anda dapat berwisata kuliner di lokasi wisata Surabaya ini, Anda juga dapat berburu pernak-pernik berbau Timur Tengah di lokasi ini. Segera saja menuju pasar bernama Gubah Ampel Suci yang terkenal dan bebaskan diri Anda untuk berburu pernak-pernik Arab. Kawasan pertokoan yang merupakan pusat perdagangan di lokasi ini menyediakan beragam kebutuhan mulai dari makanan, pakaian, aksesoris bernuansa Arab.

Anda dapat juga menyusuri lorong di sepanjang kampung Arab yang menjual barang-barang seperti parfum, baju koko, beraneka ragam baju muslim, sarung, sajadah dan perlengkapan ibadah lainnya, kurma hingga oleh-oleh haji semacam air zam-zam. Banyak yang menyebutkan lokasi ini mirip dengan padar bernama Seng yang ada di Masjidil Haram, Mekah.

Spot Foto Keren

Bangunan lawas yang berada di lokasi ini adalah background yang tepat untuk foto-foto. Salah satu bangunan yang berada di Kawasan Kampung Arab yang dapat Anda kunjungi adalah Hotel Kemadjoean. Berfoto di kampung Arab dengan segala interaksi multikultural juga merupakan spot unik untuk latar belakang foto Anda.

Jadi bagaimana? Kapan Anda akan menjelajah Kampung Arab Surabaya? Anda dapat sekaligus memadukan wisata Anda ini dengan wisata religi dengan mengunjungi makam dan masjid Sunan Ampel di wilayah tersebut. Pastikan mobilitas Anda terjamin dengan memilih sewa mobil Surabaya terbaik untuk kenyamanan wisata Surabaya kali ini.