Nama Tempat WisataMuseum Sepuluh November
LokasiJl. Keputih Tegal Timur II No.249, Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya
ProvinsiJawa Timur
Telepon(031) 31 3571100 / Fax (031) 3571100
Jam BukaSelasa – Jumat : 08:00 – 14:30 WIB

Sabtu – Minggu : 08:00 – 13:30 WIB

Senin & hari libur Nasional tutup

Harga TiketRp 5.000,00
Tarif Parkir
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Ibukota Jawa Timur menawarkan banyak tempat wisata yang murah meriah bagi warganya. Kota ini juga menawarkan banyak destinasi wisata yang bersifat edukatif atau mendidik warganya, salah satunya adalah Museum Sepuluh November. Di sini Anda dan semua pengunjung dapat mempelajari dan mengenang kembali perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan tanah kelahirannya.

Museum 10 November ini berada di lokasi Tugu Pahlawan yang terkenal di Surabaya. Jadi, jika Anda kebetulan sedang berkunjung ke kota Pahlawan dan mengunjungi Tugu Pahlawan, Anda dapat sekaligus mengunjungi museum ini.

Sejarah Museum Sepuluh November Surabaya

Museum Sepuluh November dibangun untuk mendukung dan memperkuat keberadaan Monumen Tugu Pahlawan. Lahan yang digunakan untuk membangun monumen dan museum ini adalah tanah bekas markas polisi militer Jepang atau yang dikenal dengan nama Raad Van Justitie.

Monumennya sendiri memiliki tinggi 40,5 meter dengan diameter bagian atas 1,3 meter dan diameter bagian bawah 3,1 meter. Didirikan atas usul dari presiden pertama kita yaitu Ir. Soekarno.

Sedangkan Museum sepuluh November mulai dibangun pada tahun 1991. Wisata di Surabaya ini diresmikan oleh presiden RI keempat, KH Abdurrahman Wahid pada 19 Februari 2001. Tempat ini dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan, terutama mengenang peristiwa 10 November 1945.

Baca Juga : Surabaya Museum (Gedung Siola), Wisata Edukasi Sejarah

Mengenal Bentuk dan Isi Museum Sepuluh Nopember

Museum ini berbentuk limas atau piramida yang jika kita perhatikan secara sekilas bentuknya mirip dengan monumen Louvre yang ada di Perancis. Uniknya, bangunan dari museum ini terpendam di dalam tanah, hanya bagian atapnya saja yang muncul di permukaan tanah. Hal bertujuan untuk menghindari bangunan museum agar tidak mengganggu pemandangan Tugu Pahlawan.

Museum di Surabaya yang satu ini terdiri dari 2 lantai yang berisi artefak serta memori dari perjuangan heroik dari arek-arek Suroboyo untuk mempertahankan kemerdekaan tanah kelahiran mereka. Pertempuran besar tersebut berlangsung selama 3 hari yang puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945 yang dikenal dengan Pertempuran Surabaya.

Lantai 1 Museum 10 Nopember

Anda dapat menjumpai sebuah buah patung besar terdiri dari 10 pejuang ketika memasuki lantai 1 gedung ini. Patung ini menggambarkan semangat dan kegigihan perjuangan para pejuang di Surabaya kala itu. Banyak korban jiwa yang jatuh namun tidak menyurutkan perjuangan mereka. Patung ini akan lebih terlihat jelas ketika Anda melihatnya dari lantai 2 gedung museum.

Selain itu, Anda dapat melihat foto proklamator kita yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta di bagian atap gedung yang dapat dilihat baik dari lantai 1 maupun lantai 2 gedung. Patung dan orasi bung Tomo terdapat di lantai 1. Terdapat ruang auditorium di lantai ini yang disediakan bagi pengunjung untuk mendengarkan orasi bung Tomo secara langsung.

Lantai 2 Museum Sepuluh Nopember

museum sepuluh november di surabaya

Di sini, Anda dapat menyaksikan berbagai koleksi foto dokumenter, alat dan senjata yang digunakan untuk berjuang seperti radio, bambu runcing, topi baja, serta senjata rampasan dari sekutu. Selain itu terdapat dua diorama elektronik yang menyajikan 8 peristiwa yang terjadi pada masa itu untuk membantu Anda agar bisa lebih menghayati kejadian waktu itu.

Di lantai 2 ini terdapat juga beberapa foto bangunan bersejarah di Surabaya seperti Gedung Siola, Hotel Majapahit (dahulu Hotel Yamato yang merupakan tempat peristiwa perobekan bendera Belanda) serta Gedung Grahadi yang kini menjadi Gedung Gubernur Jawa Timur.

Jadi, kapan Anda akan mengunjungi dan memasukkan Museum Pendidikan Surabaya ini dalam paket wisata Surabaya Anda? Pastikan semua terencana dengan baik terutama mobilitas Anda selama tinggal di kota Pahlawan ini dengan memilih sewa mobil Surabaya yang terpercaya. Semoga liburan Anda di Surabaya dan kunjungan Anda di museum sepuluh November menyenangkan.