Nama Tempat WisataWisata Mangrove Surabaya
LokasiJl. Raya Wonorejo No. 1 Rungkut, Surabaya
ProvinsiJawa Timur
Jam BukaSetiap hari pukul 08:00 – 16:00 WIB
Harga TiketGratis (area gratis)

Rp5.000,00 (area berbayar)

Biaya ParkirSepeda Motor Rp5. 000,00

Mobil Rp10.000,00

Petunjuk ArahKlik di sini

Buat Anda warga Surabaya atau pendatang yang ingin berlibur di kota Pahlawan ini dapat menjadikan wisata Mangrove Wonorejo sebagai pilihan lokasi liburan Anda. Ekowisata yang satu ini tidak hanya menawarkan keasrian dan kesejukan hutan di tengah panasnya kota, namun bisa dijadikan sarana pembelajaran dan lokasi temu kangen.

Dermaga kayu memanjang yang tersedia, kanan kirinya ditumbuhi pepohonan membuat tempat ini rindang dan nyaman untuk pengunjung berjalan kaki maupun sekedar duduk-duduk. Rimbunnya pepohonan mampu memberi kesejukan sekaligus ketenangan bagi pengunjung sehingga mereka dapat bercerita dan bercengkrama dengan asyik.

Mengenal Wisata Mangrove Surabaya

Ekowisata yang terletak di Jl. Raya Wonorejo, Rungkut, Surabaya ini awalnya berfungsi untuk mencegah erosi laut di wilayah pantai timur Surabaya yang berbatasan dengan laut lepas. Vegetasi yang menjadi tanaman dominan di wilayah ini tentu saja bakau (Rhizophora Apiculata, Rhizophora Mucronata). Namun, Anda juga akan menemukan beragam jenis tanaman lain seperti nipah (Nypa Fruticans), ketapang (Terminalia Catappa), pidada (Sonneratia Caseolaris), api-api (Avicennia Alba) dan lain-lain.

Fauna yang menghuni hutan mangrove ini antara lain monyet, ikan-ikan kecil, udang dan burung langka dari berbagai jenis dan spesies yang mencapai 83 jenis. Contoh burung langka yang mungkin dapat Anda temui di lokasi wisata ini antara lain perkutut jawa, cangak merah, punai gading dan masih banyak lagi.

Jam buka mangrove Wonorejo adalah mulai pukul 08:00 hingga pukul 16:00 WIB setiap harinya. Jadi, Anda dapat mengunjungi lokasi ini pada jam-jam tersebut sesuai dengan waktu luang yang Anda miliki.
Hutan mangrove di wilayah Wonorejo ini dibagi menjadi 2 lokasi, yaitu:

Baca Juga : Wisata Hutan Bambu Surabaya, Spot Instagramable

Area Gratis (Tidak Berbayar)

Di lokasi paket wisata Surabaya gratis ini, Anda akan mendapati sebuah jembatan berpagar semacam dermaga yang dapat digunakan pengunjung menikmati pepohonan yang ada. Anda mungkin akan menjumpai beberapa orang yang memancing di area ini. Hanya saja, lokasi tidak berbayar ini tidak terlalu luas, jadi baru beberapa menit berjalan saja, sudah mencapai ujung jalan.

Area Berbayar

Harga tiket hutan mangrove Surabaya sebesar Rp5.000,00 per orang. Lokasi ini memiliki pepohonan yang lebih lebat dan kawasannya lebih tertata. Fasilitas umum yang disediakan juga lengkap seperti toilet, mushola, tempat sampah serta pusat kuliner dengan harga ramah di kantong.

Daya Tarik Hutan Mangrove Surabaya

Lokasi wisata yang satu ini ternyata dikenal juga sebagai Hutan Bambu Surabaya. Tempat ini tidak hanya menawarkan keindahan, kesejukan dan keasrian pepohonan yang tumbuh subur di sana, namun juga menawarkan fasilitas lain seperti:

Sewa Perahu

sewa perahu di tempat wisata mangrove wonorejo

Jika Anda merasa kurang puas bereksplorasi dengan hanya berjalan menyusuri dermaga kayu, maka Anda dapat memilih untuk menyewa perahu. Dengan naik perahu, Anda akan dibawa melihat hutan mangrove ini dari sisi yang lain hingga mendekati laut lepas.

Harga sewa perahu biasa untuk orang dewasa sebesar Rp25.000,00 sedangkan untuk anak-anak Rp15.000,00. Jika Anda ingin menikmati hutan dari arah laut dengan lebih nyaman, Anda dapat memilih untuk naik speed boat berkapasitas 6 orang dengan membayar harga sewa Rp300.000,00.

Anda dapat berhenti sejenak dan beristirahat di salah satu gazebo yang ada untuk menikmati hutan bakau asri yang luas sambil menikmati pemandangan laut lepas di depan mata.

Jogging Track

Area jembatan berpagar memanjang yang melintasi hutan mangrove Wonorejo ini dapat Anda manfaatkan juga sebagai track jogging untuk kesehatan Anda. Siapkan segala sesuatu yang diperlukan dan pastikan Anda datang pada pagi atau sore hari. Rimbunnya pepohonan dapat menjadi peneduh kalau Anda berkunjung pada siang hari.

Spot Foto Yang Keren

Area sepanjang dermaga hutan mangrove ini dapat Anda jadikan sebagai lokasi favorit untuk berfoto. Latar belakang pepohonan dan laut akan membuat foto Anda tampak keren dan bagus.

Nah, setelah mengenal lokasi wisata yang satu ini, tentunya Anda ingin menyaksikan sendiri keindahan dan ketenangan dari wisata mangrove Wonorejo ini bukan? Pastikan bahwa mobilitas Anda aman dan nyaman dengan sewa mobil Surabaya terpercaya untuk liburan terbaik Anda. Sudah siap bereksplorasi di hutan mangrove Surabaya?