Wisata Religi Masjid Al-Akbar Surabaya

//Wisata Religi Masjid Al-Akbar Surabaya

Saat anda berkunjung di kota Surabaya maka rasanya kurang lengkap jika anda tidak berkunjung di salah satu tempat yang telah menjadi icon wisata religi yang ada di Surabaya. Icon religi tersebut adalah masjid nasional al akbar. Masjid yang satu ini merupakan masjid yang sangat besar dan bahkan terbesar nomor dua dari masjid istiqlal yang ada di Jakarta.

Jika anda ternyata memiliki kesempatan untuk mengunjungi kota Surabaya maka sangat pas untuk mengetahui masjid besar ini. Khususnya untuk anda yang memang sangat dekat dan bahkan menyukai dunia religi maka destinasi yang satu ini adalah pilihan tepat untuk anda. Berikut ini adalah informasi yang dapat anda ketahui dari wisata religi masjid al akbar Surabaya. Untuk anda yang ingin tahu seperti apa tempat tersebut maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Masjid Al Akbar

pemandangan Masjid Al-Akbar Surabaya

Masjid nasional al akbar atau yang biasanya di kenal dengan nama masjid agung Surabaya (MAS) ini terletak di samping jalan tol yang menghubungkan Surabaya dengan Porong. Ciri ciri yang dapat dilihat dari masjid ini adalah kubahnya yang memiliki ukuran besar yang di samping 4 kubah berukuran kecil berwarna biru. Masjid ini mempunyai menara yang tinggi yang ukurannya mencapai 99 meter. Masjid al akbar di bangun pada 4 agustus di tahun 1995. Masjid ini berdiri atas gagasan wali kota Surabaya.

Pada saat itu walikota yang menjabat adalah H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangan masjid ini di beri tanda dengan peletakan batu pertama yang di lakukan langsung oleh wakil presiden RI yaitu try sutrisno. Namun karena pada masa itu terjadi krisis moneter maka pembangunannya di berhentikan sementara waktu. Pada tahun 1999, masjid yang satu ini di bangun lagi dan kemudian di selesaikan pada tahun 2001. Di waktu 10 november tahun 2000, masjid ini sudah di resmikan oleh presiden RI yaitu KH. Abdurrahman Wahid.

Lihat juga Wisata Alam Kebun Bibit Surabaya

Jika dilihat secara fisik, maka dapat dilihat bahwa bangunan ini memiliki luas dan fasilitas penunjang masjid al akbar yaitu 22.300 meter persegi. Dengan rincian ukuran panjang yang dimiliki adalah 147 meter dan untuk lebarnya adalah 128 meter. Kemudian untuk bentuk atap dari masjid agung Surabaya ini terdapat 1 kubah yang ukurannya besar yang juga di dukung dengan kubah berukuran kecil dengan jumlah 4 kubah. Kubah ini memiliki bentuk limasan serta 1 menara. Pada bentuk kubah terlihat keunikan yang letaknya terdapat pada bentuk kubah dimana bentuknya menyerupai setengah telur dengan ukuran 1,5 layer dan untuk tingginya berukuran 27 meter.

Untuk menutup bagian kubahnya menggunakan sebuah produk yang pada umumnya juga di gunakan pada beberapa masjid raya yang lainnya yaitu seperti masjid raya Selangor yang ada di syah alam yang terletak di Malaysia. Ciri lain dari masjid al akbar ini yaitu ada pintu masuk yang terdapat dalam ruangan masjid dengan tinggi dan dengan ukurannya yang besar dan juga terdapat mihrab yang merupakan mihrab masjid terbesar yang ada di Indonesia.

Arsitektur Masjid Al Akbar Sangat Unik Dan Khas

Masjid Al-Akbar Surabaya terbaru

Untuk rancang bangun arsitektur dari masjid al akbar ini di lakukan oleh tim yang berasal dari institute teknologi sepuluh nopember atau ITS Surabaya yang kemudian di lakukan bersama dengan konsultan ahli yang sudah berpengalaman dalam membangun masjid masjid berukuran besar yang ada di Indonesia. Jika dilihat dari posisi lahannya yang labil dan juga untuk tingkat kekerasan yang terjadi juga minim maka sangat pas jika pembuatan pondasi tersebut dilakukan dengan menggunakan system pondasi yang ada di dalam atau pakubumi. Jumlah yang di perlukan yaitu tidak kurang dari 2000 tiang pancang yang digunakan pada pondasi masjid tersebut.

Pada bagian lantainya di rancang dengan ukuran tinggi yang mencapai 3 meter yang berasal dari permukaan jalan pada sekitar lokasi tersebut. Kemudian pada waktu pelaksanaan tersebut terdapat perubahan yaitu pada ruang urugan yang kemudian di jadikan basement, terdapat lantai pada atas basement yang terdapat dalam lantai 1 yang juga di sangga pada tiang tiang atau menggunakan system flooting floor. Dalam mengerjakan lantai ini dibuat dengan menggunakan system pengecoran yang di lakukan di tempat dan beton precast yang terdiri dari plat lantai empat persegi panjang dengan ukuran 3 x 3 meter yang memiliki ketebalan 15 cm.

Kemudian untuk dudukan struktur atap yang di siapkan adalah balok beton atau ringbalk dengan menggunakan system vierendeel yang dapat menghubungkan kolom kolom pada struktur dengan menggunakan ketinggian 20 meter dari atas lantai dasar atau dari lantai 1. Dan ringbalk ini membentang dengan ukuran 30 meter tanpa kolom sehingga tampak bidang lantai yang tidak terpisah oleh sekat atau juga kolom. Dengan begitu dijamin bahwa nantinya para jamaah tidak akan saling terpisah oleh sekat atau terpisah oleh kolong pada saat sholat di masjid al akbar.

Selain itu, kubah dari masjid ini dibuat dengan menggunakan system space frame yang mengandalkan bahan besi baja yang kemudian menggunakan system chremona atau struktur segitiga yang kemudian di sambung sambungkan. Setelah itu kubah di bentuk di atas rangka atap dengan menggunakan bentangan utama yang berukuran 54 x 54 meter tanpa terdapat tiang penyangga. Bobot dari kubah ini sendiri sudah mencapai 200 ton. Keunikan dari bentuk kubah ini sendiri di tunjang dengan bentuk kubah yang bentuknya menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang tingginya mencapai 27 meter. Kubah masjid ini dapat menumpu pada bagian atap piramida yang terpancung dalam 2 layer dengan ketinggian yang ukurannya kurang lebih dari 11 meter.

Lihat juga Kampung Bulak Surabaya

Masjid ini mempunyai pintu dengan jumlah 45 yang daun pintunya bukaan atau ganda yang artinya dibutuhkan 90 daun pintu dengan ukuran yaitu lebar 1,5 meter dan tingginya 4,5 meter. Pintunya tersebut terbuat dari kayu jati yang di pesan secara khusus yaitu dari perhutani dan kemudian di buat oleh pengrajin asal Surabaya. Kemudian pada bagian kusen dibuat dengan menggunakan rangka besi yang kemudian di lapisi dengan menggunakan kayu yang kemudian di hubungkan pada engsel atau slot yang sudah di selaraskan menggunakan struktur dan juga estetika masjid.

Berat daun pintu ini adalah 250 kg, oleh sebab itu bagian engsel di desain dan kemudian di buat secara khusus. Untuk dapat menambah kenyamanan serta keserasian dari keseluruhan bangunan masjid tersebut. Karena masjid ini dibangun dengan sangat megahnya maka membuat masjid ini sangat terkenal dan banyak di kunjungi oleh para pendatang. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari masjid al akbar. Yuk, segera kunjungi masjid terbesar yang ada di Surabaya.

× 08112635845