Nama Tempat WisataTelaga Ngipik Gresik
LokasiJarang Kuwung, Desa Ngipik, Kabupaten Gresik
ProvinsiJawa Timur
Telepon
Jam BukaSetiap hari selama 24 Jam
Harga TiketGratis
Tarif ParkirRp 2.500,00
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Jika Anda sudah memiliki paket wisata Surabaya dan puas mengelilingi berbagai destinasi wisata di kota Pahlawan tersebut, ada baiknya Anda mencoba ke kota Gresik yang terletak tidak jauh dari kota Surabaya. Di kota santri ini Anda dapat menikmati salah satu lokasi wisata Gresik yang murah meriah dan menjadi tempat wisata favorit warga. Telaga Ngipik menawarkan keindahan panorama alamnya dan beragam kegiatan serta fasilitas yang layak untuk Anda kunjungi.

Bagi Anda yang hobi memancing, lokasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk memuaskan hobi Anda tersebut. Wisata Telaga Ngipik juga menawarkan wisata air dan berbagai fasilitas lain yang akan kita bahas selanjutnya di artikel ini.

Sejarah Telaga Ngipik Gresik

Awalnya, lahan seluas 20 hektar yang merupakan milik PT Semen Gresik ini dulunya adalah tambang tanah liat. Hasil dari lahan tambang tersebut yang berupa tanah liat mereka gunakan sebagai salah satu bahan baku semen diambil dari lokasi ini. Eksploitasi lahan yang cepat dengan mengambil pasir dan bebatuan di lahan tersebut berakibat pada terbentuknya sebuah cekungan besar. Cekungan ini kemudian terisi dengan air hujan sehingga membentuk telaga Ngipik Gresik.

Pihak PT Semen Gresik kemudian menanami daerah sekitar telaga dengan pepohonan untuk mengurangi polusi udara di wilayah industri tersebut. Kini pepohonan di sekitar telaga tumbuh subur dan menghijau, serta berhasil menjadi paru-paru di lokasi tersebut.

Pihak manajemen PT Semen Gresik kemudian berusaha untuk memanfaatkan telaga tersebut untuk tujuan wisata. Pada tahun 2002 telaga yang terbentuk dari bekas eksploitasi tambang tanah liat tersebut berganti nama menjadi Telaga Giri Wana Tirta. Nama Giri sendiri diambil dari nama salah satu Wali Songo yang memiliki pengaruh di Gresik yaitu Sunan Giri. Sedangkan wana artinya bermain dan tirta artinya air.

Baca Juga : Wisata Mangrove Gunung Anyar: Ekowisata Bareng Keluarga

Apa Saja yang Ditawarkan oleh Wisata Telaga Ngipik?

wisata telaga ngipik gresik

Meskipun masih memerlukan banyak pembenahan dan pembaharuan dalam hal sarana dan prasarana penunjangnya, lokasi wisata ini cukup menarik untuk dikunjungi karena memiliki beberapa daya tarik seperti:

Arena Bermain Anak

Adanya fasilitas bermain untuk anak membuat lokasi ini banyak dikunjungi oleh warga. Di sini anak-anak bisa bebas bermain dalam pengawasan orang tua mereka masing-masing. Trampolin dengan pengaman jaring tersedia bagi anak-anak yang suka melompat-lompat.

Wisata Air

Tidak afdol rasanya kalau sebuah telaga tidak menawarkan wisata air bagi pengunjungnya. Di lokasi ini Anda dapat menikmati wisata air berupa perahu motor dengan panjang 12 meter berkapasitas 20 orang dengan hanya membayar Rp2.500,00 untuk sekali putaran mengelilingi danau.

Lokasi Olahraga Ski Air

Wilayah ini dijadikan sebagai tempat latihan para atlet ski air Jawa TImur. Pada tahun 1999 telaga Giri Wana Tirta ini pernah menjadi tuan rumah Kejuaraan Daerah (Kejurda) Ski Air provinsi Jawa Timur. Jika Anda berkunjung ke sini, maka Anda dapat menyaksikan para atlet ski sedang berlatih.

Panggung Hiburan

Destinasi wisata yang satu ini memiliki sebuah panggung hiburan dimana pada jadwal-jadwal tertentu menampilkan acara hiburan bagi pengunjung. Jika Anda ingin menikmati pertunjukan di panggung hiburan tersebut, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui jadwal diadakannya pertunjukan tersebut.

Spot Foto Keren

Tempat ini sangat bagus untuk Anda jadikan spot foto karena panoramanya yang indah. Ketika senja menjelang, dimana langit mulai berwarna lembayung, dapat Anda abadikan jadikan latar belakang foto pribadi maupun bersama keluarga yang keren. Pantulan sinar matahari dan langit yang indah di air telaga menghasilkan sebuah gambar yang mengagumkan.

Lokasi Telaga Ngipik Gresik

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di dusun Jarangkuwung, Ngipik, Kabupaten Gresik Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari alun-alun kota Gresik atau kurang lebih 3 kilometer ke arah Barat alun-alun. Jika Anda berkendara dari Surabaya dengan menggunakan sewa mobil Surabaya kepercayaan Anda, silakan masuk ke tol Surabaya-Gresik. Anda akan mencapai kota Gresik dalam waktu kurang lebih satu jam, tergantung pada kondisi lalu lintas pada saat itu.

Telaga Giri Wana Tirta dibuka selama 24 jam setiap harinya. Jadi, Anda dapat berkunjung kapan saja sesuai dengan waktu luang Anda. TIket masuk ke lokasi wisata ini gratis. Anda hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp2.500,00 saja.

Nah, menarik bukan apa yang ditawarkan oleh Telaga Ngipik Gresik ini? Jadi, kapan Anda akan berkunjung ke lokasi wisata ini?