Nama Tempat WisataTaman Prestasi Surabaya
LokasiJl. Ketabang Kali No. 6, Genteng, Surabaya
ProvinsiJawa Timur
Telepon
Jam BukaSetiap hari pukul 09:00 – 18:00 WIB
Harga TiketGratis
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Kota Surabaya banyak memiliki taman dan ruang terbuka hijau yang menjadi tujuan wisata warga kota dan pendatang. Selain taman kenjeran, ada juga Taman Prestasi Surabaya. Berlokasi di pusat kota, tepatnya di Jl. Ketabang Kali No. 6 Surabaya, taman yang satu ini memiliki berbagai keunikan dan fasilitas keren.

Taman yang sebelumnya bernama Taman Pintar ini memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi terbentang di sepanjang sungai Kalimas. Warga dan pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan dan fasilitas taman saja, namun juga menikmati aliran sungai dan kegiatan di dalamnya.

Sejarah Singkat Taman Prestasi Surabaya

Taman prestasi sudah mulai dibangun oleh pemerintah kota Surabaya pada tahun 1992. Tiga tahun kemudian ibu Marie Basofi Sudirman; istri dari Bapak Basofi Sudirman, walikota Surabaya periode 1993 – 1998 meresmikan taman ini pada tahun 1995.

Destinasi wisata ini dinamai Taman Prestasi karena di taman ini terdapat beberapa replica dari prestasi yang pernah diraih oleh kota Pahlawan ini. Diantara replika prestasi yang dipajang di taman ini adalah penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 1992 dan penghargaan Adipura Kota Raya Terbersih tahun 1992.

Baca Juga : Nikmati Indahnya Taman Air Mancur Menari Kenjeran yang Spektakuler

Daya Tarik Taman Prestasi Surabaya

taman prestasi surabaya malam hari

Menjadi salah satu taman favorit warga Surabaya, Taman Prestasi menawarkan beragam fasilitas dan daya tarik yang membuat warga tidak bosan untuk mengunjungi wisata Surabaya yang satu ini.

Berikut beberapa daya tarik dari taman ini yang membuat warga jatuh cinta:

Arena Bermain Anak

Lokasi wisata ini sangat ramah Anak, jadi Anda tidak perlu kuatir untuk membawa si kecil berkunjung di sini. Beragam sarana permainan anak seperti ayunan, seluncuran, jungkat-jungkit, monkey bar dan lainnya tersedia di sini. Anak-anak dapat bebas bermain dalam pengawasan Anda.

Monumen Pesawat Bomber B-16 Intruder

Monumen ini diresmikan pada tanggal 19 Juli 2016 oleh Bambang Dwi Hartono, walikota Surabaya periode 2000 -2010.

Monumen ini unik karena berupa pesawat perang yang masih utuh. Terdapat prasasti yang berisi jasa dari pesawat tersebut bagi bangsa Indonesia agar pengunjung memahami sejarah bangsa. Salah satu jasa dari pesawat tempur ini adalah berperan pada operasi penumpasan pemberontak RMS pada tahun 1950 di Maluku Selatan.

Panggung Terbuka

Sebagai salah satu taman Surabaya yang banyak dikunjungi warga, taman ini menawarkan sebuah panggung terbuka berbentuk lingkaran lengkap dengan tribun penonton yang memiliki peneduh. Umumnya pengunjung memanfaatkan panggun yang memiliki luas 15 meter ini untuk sekedar duduk sambil mengobrol atau makan bersama teman dan keluarga.

Spot Foto Yang Instagramable

Taman Prestasi memiliki beberapa tempat yang dapat menjadi latar belakang foto yang keren dan instagramable. Salah satu spot favorit adalah di terowongan yang ada di taman serta di sekitar jembatan gantung dengan latar belakang sungai Kalimas.

Wisata Air

Salah satu daya tarik dari taman ini adalah adanya wahana perahu sebagai wisata air warga. Pengunjung dapat naik perahu melewati sungai Kalimas dengan hanya membayar Rp. 4.000,00 saja. Rute dari wisata air ini adalah melewati sepanjang sungai hingga melewati jembatan, kemudian berbalik ke arah taman.

Yang istimewa dari wisata air ini adalah ketika Anda mencoba wahana air ini pada sore hari dimana perahu dihiasi dengan lampu warna warni. Lokasi jogging track di pinggir sungai juga berhias lampu yang semakin membuat suasana taman Prestasi Surabaya malam hari terlihat indah.

Jadwal operasi wisata air ini adalah:

  • Senin – Jumat: pukul 08:00 – 15:00 WIB
  • Sabtu: pukul 08:00 – 13:00 WIB dan pukul 18:00 – 21:00 WIB
  • Minggu: pukul 07:020 – 13:00 WIB dan pukul 18:00 – 21:00 WIB

Spot Wifi Gratis

Daya tarik lain yang ditawarkan oleh taman ini adalah pengunjung dapat menikmati wifi gratis selama berada di taman ini.

Sentra Pedagang Kaki Lima (PKL)

Tidak perlu kuatir bahwa Anda akan merasa lapar atau haus ketika mengunjungi taman Prestasi karena di sini terdapat sentra PKL untuk memenuhi kebutuhan Anda. Beragam makanan dan minuman dapat Anda pilih dengan harga yang ramah di kantong.

Jadi bagaimana? Sepertinya Taman Prestasi Surabaya memang layak untuk dikunjungi bersama keluarga. Pastikan bahwa mobilitas Anda terjamin selama wisata di kota Surabaya dengan sewa mobil Surabaya untuk kenyamanan Anda dan keluarga.