Rumah Batik Surabaya Surganya Motif Batik Jawa Timur

//Rumah Batik Surabaya Surganya Motif Batik Jawa Timur

Orang Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya batik bukan? Batik merupakan warisan yang dimiliki oleh Indonesia dimana budaya tradisional sangat melekat pada batik yang kemudian membuat batik menjadi salah satu ikon yang sangat identik dan menjadi ciri khas dari Negara Indonesia ini. Pada setiap daerah tentu saja memiliki ciri khas sendiri sendiri dan begitu juga dengan batik yang sangat meluas di Indonesia ini maka setiap kota memiliki batik dengan ciri khas nya masing-masing.

Hal inilah yang mencerminkan keanekaragaman Indonesia. Untuk anda para pecinta batik maka tentu saja anda sangat senang ketika melihat berbagai macam motif dan pola dari kain batik yang sangat beragam jenis. Dan untuk itu informasi kali ini akan memberikan ulasan mengenai rumah batik Surabaya yang dapat anda kunjungi untuk melihat jenis jenis batik. Untuk anda yang sudah penasaran dan ingin tahu lebih banyak lagi mengenai batik Indonesia maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Sebagai salah satu kearifan local yang ada di Indonesia, batik sudah di tetapkan sebagai warisan budaya bangsa Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 2 oktober 2009. Jika awal mulanya batik hanya di identikan dengan hal hal yang berbau resmi maka saat ini batik sudah menjadi fashion yang bahkan sudah banyak di gemari oleh para muda-mudi. Terlebih jika saat ini pada tanggal 2 oktober sudah di tetapkan sebagai hari batik nasional yang membuat banyak masyarakat menggunakan batik secara bersamaan. Tidak hanya itu saja pada hari batik nasional biasanya anak bangsa juga mengadakan berbagai macam inovasi yaitu dengan meluncurkan berbagai jenis mode fashion yang menggunakan batik sebagai bahan utamanya. Oleh karena itu banyak pula para wisatawan mancanegara yang sangat kagum terhadap batik Indonesia.

Di daerah jawa timur sendiri yaitu pada tiap tiap kabupaten terdapat batik motif dengan ciri khas masing-masing. Guna menjaga supaya motif batik dapat di lestarikan dan cara untuk memperkenalkan batik pada seluruh khalayak secara meluas yaitu di dirikannya rumah batik Surabaya. Namun tidak hanya di Surabaya saja, berbagai kota lainnya juga memiliki rumah batik seperti di Yogyakarta, Surakarta dan Cirebon yang memang merupakan kota penghasil batik.

Lihat juga Monumen Kapal Selam

Keberadaan tempat batik jawa timur ini adalah prakarsa dari pengrajin batik yang berasal dari pamengkasan, Madura, yaitu faiqah ismail. Pada tahun 2004, faiqah ismail membiarkan rumahnya untuk dapat di datangi oleh siapa saja yang ingin melihat seperti apa koleksi batik yang berasal dari jawa timur tersebut dan bahkan para pengunjung pun juga dapat membeli batik yang ada di rumah tersebut. Di rumah batik ini terdapat sekitar 2000 lembar batik yang memiliki ragam corak yang beraneka macam. Aneka batik tersebut terbuat dari berbagai macam jenis bahan yaitu seperti prima, primis, santio, sutra, prishmina dan sarimpit. Tidak hanya kain batik saja yang dapat anda temukan di rumah batik ini melainkan juga ada sarung batik, baju batik, celana batik, rok batik, selendang batik, dan lain sebagainya.

Untuk anda yang ingin segera mengunjungi rumah batik di Surabaya ini maka berikut informasi alamat dari rumah batik itu sendiri. Jadi rumah batik tersebut pada mulanya terletak di jalan tambak, dukuh 1, no.4, rt.01, rw.09, kelurahan kapasari, kecamatan genteng, Surabaya. Di tempat ini anda akan melihat berbagai macam batik yang di pajang yaitu mulai dari batik Surabaya, bangkalan, sidoarjo, sumenep, mojokerto, ponorogo, tuban, jombang, dan bojonegoro. Karena koleksi yang di miliki di rumah batik Surabaya ini sangat beragam tentu saja membuat banyak pengunjung yang ingin datang ke lokasi ini. Setelah itu rumah batik ini di pindah di lokasi jalan margorejo, no. 143, Surabaya.

Rumah batik di Surabaya ini juga sempat menerima rekor MURI sebab sudah mampu membuat batik logo kota Surabaya dengan ukuran sangat besar. Rumah batik juga sangat aktif dalam mengikuti berbagai macam jenis pameran baik tingkat regional maupun tingkat nasional dengan tujuan untuk mempopulerkan batik nusantara. Di rumah warna itu para pengunjung juga dapat melihat aneka jenis batik banyuwangi, batik malang, batik jember, batik batu, batik lamongan, batik pemangkasan, batik sampan, batik tulungagung, dan batik Kediri.

Para pengunjung dapat membeli batik baik ritel maupun grosir. Di rumah rumah batik Surabaya inilah para pengunjung juga dapat menikmati proses pengrajin yang sedang membuat batik. Apabila anda ingin membeli batik dengan cara memesan bentuk dari batik itu sendiri baik batik cap maupun batik lukis yang biasanya di gunakan pada instansi anda pun juga bisa. Terlebih sudah di lengkapi dengan logo dan instalasinya. Ada juga dapat langsung melihat kemudian belajar tentang proses pembuatan batik itu sendiri di tempat kursus yang nantinya dapat melatih skill anda jika ternyata anda berbakat dalam dunia kursus pembuatan batik tersebut.

Untuk anda yang ingin melangsungkan kursus pembuatan batik maka anda pun juga dapat langsung datang ke rumah batik Surabaya. Rumah batik ini sendiri buka pada hari senin hingga hari jumat yaitu pada waktu jam 8 pagi hingga jam 8 malam wib. Kemudian pada hari sabtu dan hari minggu, rumah batik ini juga tetap buka yaitu mulai dari jam 8 pagi hingga jam 7 malam saja. Rumah batik di Surabaya ini memberikan kesempatan bagi anda semuanya yang ingin tahu dan penasaran bagaimana proses pembuatan batik tersebut di mulai. Dengan melakukan interaksi secara langsung maka dapat membuat anda kagum bahwa ternyata batik tersebut sangat indah dan prosesnya pun begitu unik.

Lihat juga Kebun Binatang Bonbin Surabaya

Rumah batik di Surabaya juga mengadakan workshop yang di adakan setiap hari yaitu pada jam 10 pagi hingga jam 7 malam dan untuk jam istirahatnya adalah jam 12 siang hingga jam 1 siang. Yang artinya apabila anda mengikuti kegiatan workshop tersebut maka anda dapat menambah pengetahuan yang lebih luas lagi mengenai batik Indonesia. Untuk dapat masuk dan menikmati indahnya batik di tempat ini tidak di kenai biaya sama sekali yang artinya para pengunjung dapat masuk secara gratis.

Untuk itu jangan lewatkan hari liburnya dengan berkunjung ke rumah batik Indonesia yang terletak di Surabaya terlebih jika tempat ini tidak mematok harga bagi seluruh para pengunjung. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari rumah batik Surabaya. Rumah batik ini juga merupakan tempat edukasi dimana para muda mudi dapat mengenal lebih dekat dengan warisan budaya bangsa yang harus di banggakan. Para orang tua juga sangat tepat jika membawa putra putrinya ke rumah batik untuk mengenalkan batik lebih dalam lagi.

× 08112635845