Monumen Jalesveva Jayamahe, Spot Bersejarah Yang Menarik Untuk Berfoto

//Monumen Jalesveva Jayamahe, Spot Bersejarah Yang Menarik Untuk Berfoto

Surabaya memang menjadi kota yang tidak akan pernah habis menawarkan keindahan. Sebagai kota pahlawan, Surabaya bukan hanya menawarkan banyak sekali peninggalan sejarah namun juga ada banyak sekali lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Apabila anda berada di Surabaya atau memang sedang merencanakan liburan di Surabaya maka anda perlu untuk mengetahui monumen jalesveva jayamahe.

Monumen ini wajib anda kunjungi karena menjadi salah satu tempat menarik di Surabaya. Banyak wisatawan yang datang ke sini apabila sedang berada di Surabaya. Ada banyak hal menarik yang ditawarkan di monumen ini. Beberapa kelebihan dan keunikan monumen ini akan dipaparkan agar anda semakin tertarik untuk mengunjunginya.

Lihat juga Taman Prestasi Surabaya

Mengunjungi monumen bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan apalagi jika monumen tersebut memang benar-benar bersejarah dan juga syarat akan pendidikan. Monumen jalesveva jayamahe Surabaya akan sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk bisa belajar lebih banyak mengenai monumen tersebut. Di Surabaya sebenarnya ada banyak monumen yang bisa ditemukan. Namun monumen ini terbilang istimewa karena untuk bisa menikmati dan melihatnya dari dekat, ada banyak peraturan yang harus diikuti.

Monumen Jalesveva Jayamahe

pemandangan Monumen Jalesveva Jayamahe

Wisatawan yang ingin masuk harus memiliki izin. Monumen ini berada di lingkungan monumen yang memang dikelilingi oleh 3 pintu masuk. Anda bisa masuk dari kompleks armatim. Untuk bisa sampai ke sana maka anda harus melakukan perjalanan darat menuju ke kompleks tersebut. Pengunjung yang datang biasanya berkelompok atau perorangan. Kebanyakan pengunjung adalah wisatawan dari luar kota seperti anak sekolah atau yang lainnya. Namun bukan bearti jika perorangan tidak diperbolehkan masuk. Anda yang ingin datang ke museum atau monumen ini maka harus menghubungi dinas penerangan armatim terlebih dahulu. Jika tidak maka anda tidak akan diizinkan masuk.

Monumen jalesveva jayamahe ini berada di armatin TNI AL sehingga anda memang harus mendapatkan izin karena didalam museum dilakukan penjagaan yang cukup ketat. Kamanan adalah hal yang terpeting apalagi jika anda akan masuk ke sebuah basis armatim tni angkatan laut. Untuk meminta izin, anda tidak boleh melakukannya secara mendadak. Izin diminta paling tidak 2 minggu sebelum kunjungan. Hal ini juga berfungsi untuk menghindari bentrokan jadwal dengan pengunjung lain yang sudah memesan. Nantinya jika sudah mendapatkan izin maka anda akan lebih tenang untuk masuk dan melihat langsung monumen ini.

Lokasi Monumen

Lokasi dari museum atau monumen ini berada di kompleks armatin tni angkatan laut Surabaya. Anda bisa datang ke sana dengan melalui jalur darat yakni dengan melewati Jl. Perak timur menuju jembatan petekan dan lewat jl. Sidotopo. Dengan melalui jalur tersebut maka nantinya anda akan dapat menemukan pintu gerbang masuk kemonumen. Siapapun yang masuk ke monumen ini harus melalui beberapa penjagaan yang ketat agar nantinya tidak ada yang membawa perlengkapan atau barang yang berbahaya.

Ada banyak persyaratan atau prosedur yang harus di laksanakan oleh setiap pengujung yang datang ke sana. Selain harus meminta izin kurang lebih 2 minggu sebelumnya anda juga harus melakukan permohonan kunjungan kepada pangarmatin dengan tembusan ke gubernur aal, asintel pengarmatim, asops pangarmatim, asintel danlantamal iii, dan kepala dinas penerangan (dispen) koarmatim. Hal ini memang terasa sangat ribet dan merepotkan. Oleh karena itu memang tidak semua orang bisa masuk ke sana. Kebanyakan wisatawan enggan berkunjung karena memang malas dengan prosedur yang ada. Namun jika anda ingin cara yang lebih mudah maka anda bisa berkoordinasi dengan dispen koarmatim.

Peraturan lain yang juga harus dipenuhi oleh pengunjung yang datang adalah harus mengenakan pakaian yang rapi. Jika memang kunjungan berasal dari dinas maka sebaiknya mengenakan pakaian dinas. Dengan begitu akan terlihat lebih resmi dan juga rapi. Pengunjung juga wajib untuk menghadap ke kantor dispen. Paling tidak pemimpin pengunjung mewakili rombongannya yang datang untuk mendapatkan pemandu atau tour guide untuk menuju ke lokasi koarmatim. Dengan adanya pemandu maka anda akan dapat melakukan perjalanan yang lebih terarah dan juga selalu terjaga ketertibannya.

Jam buka

Jika anda berencana untuk berkunjung ke monumen jalesveva jayamahe maka perlu untuk mengetahui jam buka dari monumen. Pelayanan dibuka mulai dari jam 07.30- 15.00 untuk hari senin sampai jumat. Sedangkan untuk hari sabtu, minggu, dan hari libur anda justru tidak akan bisa mengunjungi museum ini. Pelayanan akan ditutup pada hari libur karena memang semua petugasnya juga libur.

Monumen sejarah

Monumen jalesveva jayamahe di Surabaya ini memang merupakan salah satu monumen yang memiliki sejarah yang cukup menarik. Monumen ini memang dibangun untuk merekam langkah kepahlawanan dari para pendiri dan juga sesepuh dari TNI AL. Monumen ini juga diharapkan menjadi penghargaan bagi penerusnya sehingga semangat untuk melanjutkan perjuangan akan terus menyala. Pemilihan dermaga ini sebagai lokasi pembangunan adalah dikarenakan menjadi saksi sejarah perebutan kaigun se 21/24 butai pada tanggal 3 oktober 1945.

Pengunjung nantinya akan dijelaskan mengenai banyak hal oleh tour guide mengenai museum atau monumen tersebut. Sehingga liburan bukan hanya akan memberikan kesenangan saja melainkan juga akan memberikan banyak pengetahuan baru mengenai sejarah tni angkatan laut.

Monumen Jalesveva Jayamahe

Pembangunan dari museum ini telah dilakukan sejak 1990 dan diresmikan tahun 1996 di hari armada ri tanggal 5 desember 1996 oleh presiden soeharto. Monumen ini merupakan seorang perwira menengah TNI AL berpakaian lengkap. Monumen terletak di bagian ujung barat dermaga madura dan digunakan sebagai mercusuar yang berlayar.

Tinggi dari monumen jalesveva jayamahe ini adalah 31 meter dan berada di atas bangunan setinggi 29 meter. Pada bagian dinding monumen terdapat diorama sejarah kepahlawanan tni angkatan laut dari sejak jaman sebelum revolusi fisik hingga tahun 1990-an. Gedung monumen ini juga memiliki fungsi sebagai meeting room. Arsitek yang membuat desain monumen ini adalah drs. Nyoman nuarta.

Harga tiket dan fasilitas

Untuk bisa masuk ke monumen jalesveva jayamahe wisatawan akan dikenakan biaya yang nantinya bisa ditanyakan langsung ketika melakukan pemesanan. Jika beruntung, kunjungan yang dilakukan bisa saja tidak dipungut biaya karena memang monumen ini merupakan monumen sejarah yang berada di markas tni. Ada banyak fasilitas yang ada di sana. Tentu saja fasilitas yang disediakan tidak seperti fasilitas di lokasi wisata biasa. Melainkan fasilitas yang ada adalah fasilitas yang memang disediakan untuk para TNI AL.

Lihat juga Wisata Alam Kebun Bibit Surabaya

Anda yang merasa penasaran dengan monumen jalesveva jayamahe ini maka bisa mencoba untuk mengujunginya langsung di Surabaya. Di kota ini memang ada banyak sekali lokasi wisata bersejarah yang akan membuat anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru sehingga akan lebih menghargai jasa dari para pahlawan. Untuk informasi yang lebih banyak mengenai wisata dan sewa bus di Surabaya maka anda bisa mencoba untuk mengunjungi www.sewabusSurabaya.com. Disana akan ada banyak informasi menarik untuk anda.

× 08112635845