Nama Tempat Wisata Masjid Cheng Ho
Lokasi Jl. Gading No.2, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya
Provinsi Jawa Timur
Telepon (031) 5342112, 5342224.
Jam Buka Setiap hari selama 24 jam
Harga Tiket Gratis
Tarif Parkir
Petunjuk Arah Klik di sini

 

Anda berencana untuk berwisata ke kota Pahlawan, Surabaya namun ingin menikmati sesuatu yang berbeda? Mengapa tidak memasukkan kunjungan ke Masjid Cheng Ho Surabaya ke dalam paket wisata Surabaya Anda? Masjid yang satu ini istimewa karena merupakan perpaduan dari beberapa unsur budaya dari negara yang berbeda.

Nama Cheng Ho sendiri tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita karena sepak terjangnya di wilayah nusantara pada masa dinasti Ming yang Berjaya di abad 15. Misi yang diemban oleh laksamana Cheng Ho ini adalah menyebarkan pengaruh agama Islam dan politik di luar Tiongkok. Selain itu ia juga memiliki misi untuk memperluas perdagangan negeri Tiongkok.

Sejarah Masjid Cheng Ho Surabaya

interior masjid cheng ho

Pendirian masjid dengan arsitektur unik ini diprakarsai oleh pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho, para tokoh masyarakat Tiongkok di Surabaya serta pengurus Pembina Imam Tauhid Islam Surabaya. Peletakan batu pertama pembangunan masjid ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2001, sementara pembangunan baru dimulai pada tanggal 10 Maret 2002. Proyek pembangunan memakan waktu kurang lebih tujuh bulan baru kemudian masjid ini diresmikan.

Memilih Masjid Niu Jie di Beijing, Tiongkok sebagai inspirasi contoh arsitekturnya, bangunan masjid Cheng Ho Surabaya memiliki nuansa muslim Tionghoa yang sangat kental. Sepintas memang masjid ini mirip dengan kelenteng. Arsitek dari masjid Cheng Ho adalah Is Abdul Aziz yang berasal dari Bojonegoro.

Baca Juga : Wisata Religi Masjid Al-Akbar Surabaya

Mengenal Seluk Beluk Masjid Cheng Hoo Surabaya

Mari kita mencoba melihat apa saja yang ada yang di masjid fenomenal ini yang dapat menjadi pelajaran bagi generasi masa kini.Masjid ini memiliki luas bangunan utama sebesar 11 x 19 meter dengan total luas area tanah seluas 21 x 11 meter.

Semua angka yang muncul pada pengukuran tersebut di atas, bukan sembarangan dibuat namun memiliki makna dan arti tersendiri. Angka 9 merupakan lambang dari 9 Wali Songo yang sudah menyebarkan agama islam di pulau Jawa. Angka 11 sendiri merupakan ukuran dari Ka’bah pada waktu dibangun.

Masjid ini dibuat menjadi tiga lapis lantai yang mirip dengan pagoda. Anda dapat menjumpai patung singa yang terbuat dari lilin serta relief naga di sana. Di puncak masjid terdapat lafaz Allah yang ditulis dalam bahasa Arab.
Anda dapat menjumpai lapangan basket masjid Cheng Ho Surabaya, kantor, TK, lokasi kursus bahasa Mandarin, kantor serta kantin. Berbagai kegiatan sosial sering diadakan di lokasi masjid ini. Masjid Cheng Ho juga dilengkapi bedug yang ditempatkan di sisi kiri bangunan. Anda dapat menjumpai bedug yang ditempatkan di sisi kiri bangunan.

Berbeda dengan masjid pada umumnya yang memiliki warna dominan emas dan putih, warna merah yang merupakan simbol dari kebahagiaan bagi orang Tionghoa mendominasi bangunan ini. Perpaduan antara warna merah, biru, kuning dan hijau menambah cantik bangunan ini.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa warna biru melambangkan harapan, hijau melambangkan kemakmuran, kuning adalah simbol dari kemasyuran, sementara warna biru merupakan lambang dari kemakmuran.

Masjid yang memiliki daya tampung sekitar 200 jemaah ini memiliki 5 dan 6 buah anak tangga di pintu kiri dan kanan masjid yang melambangkan jumlah dari Rukun Iman dan Rukun Islam. Sementara bagian atap dibuat ornamen berbentuk segi delapan yang menyerupai sarang laba-laba yang indah. Angka delapan adalah simbol angka keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa.

Alamat Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid yang unik ini berlokasi di Jl. Gading No. 2 Ketabang, Genteng Surabaya yang masih termasuk dalam kawasan kompleks PITI (Pembina Imam Tauhid Islam) Jawa Timur, tidak jauh dari Gedung Balaikota Surabaya. Karena lokasinya yang strategis dan berada di pusat kota, Anda tidak akan mengalami kesulitan mencari masjid ini.

Nah, menarik, bukan apa yang ditawarkan oleh Masjid Cheng Ho sebagai salah satu andalan wisata Surabaya? Pastikan bahwa Anda selama berada di kota Pahlawan mobilitas Anda terjamin dengan sewa mobil Surabaya untuk wisata terbaik Anda di ibukota Jawa TImur ini.