Nama Tempat WisataMakam Sunan Ampel
LokasiJl. Ampel Masjid No.4, Ampel, Kec. Semampir, Surabaya
ProvinsiJawa Timur
Telepon
Jam BukaSetiap Kamis Malam dan Jumat Legi
Harga TiketGratis
Tarif Parkir
Petunjuk ArahKlik di sini

 

Nama Sunan Ampel sebagai salah satu Wali Songo adalah nama yang tidak asing bagi masyarakat di pulau Jawa. Oleh karena itu, Makam Sunan Ampel yang berada di kota Surabaya banyak didatangi oleh peziarah. Bukan hanya dari pulau Jawa saja, namun juga dari seluruh Indonesia.

Karya Sunan Ampel yang bernama asli Raden Mohammad Ali Rahmatullah sangat banyak dan bisa dipelajari ketika Anda mengunjungi komplek makam beliau tersebut. Untuk itu, mari kita sedikit belajar dan mengenal pribadi dan sosok Sunan Ampel dan segala peninggalannya.

Sunan Ampel: Bagian dari Wali Songo

Sunan Ampel sejatinya adalah seorang pangeran berdarah campuran. Ayahnya adalah Maulana Malik Ibrahim yang juga dikenal sebagai Syekh Ibrahim Asmarakandi dan ibunya Dewi Candrawulan yang adalah putri dari Raja Champa di Kamboja.

Sunan Ampel memilih untuk menetap di Surabaya pada umur 20 tahun. Beliau dipercaya oleh pimpinan kerajaan Majapahit pada waktu itu, yaitu Raja Brawijaya untuk menyebarkan agama Islam di wilayah Surabaya.

Raja meminjamkan tanah seluas 12 hektar di daerah Ampel Denta untuk tujuan penyebaran agama tersebut. Dari sinilah nama Sunan Ampel berasal, yaitu dari daerah tempatnya berada. Di sini juga pada abad 15 beliau beserta masyarakat sekitar membangun masjid Sunan Ampel yang terkenal sebagai sarana untuk berdakwah.

Baca Juga : Tempat Wisata Yang Dekat Dengan Jembatan Merah Surabaya

Lokasi Makam Sunan Ampel

makam sunan ampel surabaya

Makam Sunan Ampel berlokasi di Jl. Ampel Masjid, Desa Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya. Kawasan di sekitar makam ini sangat luas di mana para pengikut setia sang Sunan juga dikuburkan di wilayah ini.

Di sebelah makam Sunan Ampel terdapat makam istri pertamanya, yaitu Nyai Ageng Manila atau yang juga dikenal sebagai Dewi Condrowati yang merupakan putri dari Arya Teja, Adipati Tuban.

Lokasi makam ini berada di timur laut Jembatan Merah dengan jarak sekitar 500 meter. Makam sang Sunan, istri dan pengikut serta kerabatnya diberi pagar melingkar setinggi 1,5 meter seluas sekitar 64 meter. Anda akan mendapati bahwa khusus untuk makam Sunan Ampel dikelilingi dengan pasir putih.

Salah satu makam yang terkenal selain makam Sunan Ampel sendiri adalah makam pengikutnya bernama mbah Bolong atau Shonhaji. Diketahui beliau yang menentukan arah kiblat masjid Sunan Ampel dengan cara melubangi tembok dan melihat Ka’bah pada arah kiblat masjid.

Di sebelah Barat makam sang Sunan terdapat 4 buah gentong tanah liat yang berisi air dari sumur keramat di kawasan masjid. Sumur ini dipercaya bertuah dan memiliki khasiat seperti air zam-zam. Banyak peziarah yang membawa botol dari rumah agar dapat diisi air dari sumur ini. TIdak sedikit pula yang meminum langsung air sumur yang mentah ini dengan berbagai harapan masing-masing.

Peninggalan Sunan Ampel

Peninggalan Sunan Ampel yang terbesar adalah tersebarnya agama Islam di Surabaya dan sekitarnya. Masjid Sunan Ampel yang megah dan merupakan masjid tertua ke-3 di Indonesia ini juga merupakan salah satu dari banyak peninggalan sang Sunan.

Salah satu peninggalan Sunan Ampel yang merasuk ke dalam jiwa para pengikutnya adalah ajaran Moh Limo. Ajaran ini berisi 5 wejangan yang artinya tidak mau melakukan lima hal buruk, yaitu:

Moh Main: tidak mau berjudi

Moh Maling: tidak mau mencuri

Moh Ngombe: tidak mau mabuk-mabukan

Moh Madat: tidak mau merokok, menghisap madat atau candu dan sejenisnya

Moh Madon: tidak mau berzina

Jika Anda ingin berziarah dan berwisata religi ke makam Sunan Ampel di Surabaya, pastikan bahwa Anda tahu waktu yang tepat untuk berkunjung yaitu setiap hari Kamis malam dan hari Jumat Legi. Gunakan pakaian yang sopan dan kerudung bagi kaum hawa. Penjaga gerbang menyiapkan kerudung yang bisa dipinjam oleh setiap pengunjung yang tidak membawanya.

Pastikan juga bahwa mobilitas Anda selama berada di Surabaya terjamin dengan memilih sewa mobil Surabaya yang terbaik demi kenyamanan Anda berkendara. Jadikan wisata Surabaya ini sebagai bagian dari paket wisata Surabaya Anda dan jelajahi Makam Sunan Ampel Surabaya dan pelajari sejarah dan peninggalan beliau.