Nama Tempat Wisata Kawasan Kota Tua Surabaya
Lokasi Jl. Gula No.14-A, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya
Provinsi Jawa Timur
Telepon
Jam Buka Setiap hari selama 24 jam
Harga Tiket Masuk Gratis
Tarif Parkir Rp 2000,00
Petunjuk Arah Klik di sini

 

Bagi Anda yang sudah mengantongi paket wisata Surabaya namun enggan berkeliling dari mall satu ke mall yang lain, ada baiknya mencoba mengunjungi Kawasan Kota Tua Surabaya. Di lokasi ini Anda tidak hanya dapat berwisata seru, namun sekaligus belajar sejarah kota Pahlawan ini. Selain itu Anda juga dapat menikmati dan mengagumi bangunan-bangunan tempo dulu yang masih gagah berdiri melawan waktu.

Memang benar bahwa kota tua Surabaya belum terkenal dan terorganisir seperti kota tua Jakarta maupun kota lama Semarang, namun pemerintah setempat sudah mulai mengembangkan kawasan ini untuk dijadikan lokasi wisata. Hal ini dilakukan untuk melestarikan warisan leluhur berupa gedung-gedung dan bangunan tua yang menyimpan sejarah. Selain itu, dengan mengembangkan kawasan ini menjadi destinasi wisata, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Menjelajah Kota Tua Surabaya Warna Warni

Kawasan kota tua di ibukota Jawa TImur ini terbagi dalam beberapa wilayah yang nantinya akan dipadukan oleh pemerintah setempat. Terletak di Surabaya TImur, lokasi ini diharapkan mampu menarik banyak wisatawan lokal sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Berikut beberapa lokasi yang termasuk dalam kawasan kota tua Surabaya yang perlu Anda ketahui:

Baca Juga : Taman Angsa Pakuwon City, Alternatif Wisata Keluarga Murah Meriah

Jalan Gula Surabaya

Lokasi ini berada di Jl. Gula menjadi bagian dari kota tua Surabaya, dimana Anda dapat menemui deretan gedung-gedung tua yang masih berada dalam kondisi yang utuh dan asli. Tempat ini seperti lorong waktu yang membawa Anda melihat langsung suasana kota Surabaya pada jaman penjajahan Belanda.

Wisata Surabaya yang satu ini berada di lokasi yang cukup tersembunyi yaitu di daerah Bongkaran, Pabean, Surabaya. Kawasan ini berupa lorong atau gang sempit sepanjang kurang lebih 50 meter yang padat dengan bangunan kuno peninggalan jaman kolonial Belanda. Sebagian dari gedung-gedung dengan arsitektur lawas tersebut tersebut sudah lapuk dan tampak tidak terawat dengan baik.

Jika Anda ingin berfoto dengan latar belakang suasana vintage, tempat ini sangat cocok untuk Anda jadikan spot foto. Banyak yang menjadikan tempat ini lokasi untuk foto pra-nikah mereka. Dengan menambahkan sepeda onthel dan berfoto dengan latar belakang gedung-gedung di sini, kesan klasik menjadi sangat kental.

Dahulu, wilayah ini merupakan pabrik tembakau milik pengusaha Belanda yang kemudian ditinggalkan dan dibiarkan kosong tidak berpenghuni. Untuk masuk lokasi ini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk; cukup membayar uang parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000,00 saja.

Jalan Karet Surabaya

Gedung dan bangunan yang ada di lokasi ini memiliki arsitektur kuno jaman kolonial Belanda. Tempat ini dulunya merupakan pusat perdagangan dan niaga tempo dulu. Beberapa bangunan dengan arsitektur Cina dapat kita jumpai di sini. Namun, bangunan yang ada kini banyak yang tidak berpenghuni dan telah beralih fungsi walaupun kita masih bisa melihat sisa-sisa kemegahan masa lalu yang ditampilkan oleh lokasi wisata Surabaya yang satu ini.

Sebagian gedung kini banyak digunakan sebagai gudang dan dijadikan tempat untuk bongkar muat barang oleh beberapa ekspedisi. Kawasan yang memanjang sekitar 300 meter ini kini mulai dibenahi oleh pemerintah kota dan rencananya akan dipasangi batu alam kuno untuk mempertahankan eksotisme bangunan kuno yang ada di sini.

Jalan Panggung Surabaya

jalan panggung wisata kota tua surabaya

Lokasi yang masuk dalam kawasan kota tua Surabaya yang satu ini sebelumnya dijadikan sebagai pasar ikan oleh masyarakat sekitar sehingga terlihat kumuh dan becek. Tempat yang biasa disebut sebagai pecinan dan terkesan kumuh dan kusam ini kini telah berdandan cantik dimana bangunan yang ada dicat warna warni sehingga terlihat lebih hidup dan ceria.

Lampu-lampu artistic juga sudah mulai dipasang dan ditemui di sepanjang jalan sepanjang kurang lebih 300 meter ini. Perpaduan paving seperti kota tua Eropa dan lampu artistik yang ada membuat suasana wilayah ini terlihat eksotis dan indah. Dengan lampu-lampu tersebut Anda juga dapat mengunjungi kota tua Surabaya malam hari dan menikmati eksotisme nuansa klasik kota tua di malam hari.

Nah, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi kawasan kota tua Surabaya tersebut? Pastikan kendaraan yang Anda gunakan aman dan mendukung mobilitas Anda melalui sewa mobil Surabaya pilihan Anda. Semoga liburan Anda menyenangkan!