Mungkin hampir semua orang indonesia tahu perusahaan rokok sampoerna. Salah satu brand rokok terbesar di indonesia yang sudah berdiri sejak lama. House of sampoerna merupakan komplek perumahan pemilik perusahaan rokok sampoerna. Didalamnya terdapat berbagai arsitektur bangunan eropa yang keren. Selain itu ada museum, pabrik rokok, café dan masih banyak lainya.

Setiap harinya tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Untuk melihat perkembangan perusahaan rokok ini dan berfoto-foto. Atau sekedar menikmati makanan yang disediakan di café. Ada berbagai peninggalan zaman dulu yang bisa dijadikan spot foto menarik. Oleh karena itu bila berkunjung ke surabaya, sempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata popular ini.

Mengenal Lebih Dekat House of Sampoerna

House Of Sampoerna

Bangunan tua ini dibangun sekitar tahun 1893, kemudian dibeli oleh Mr.liem seeng tee tahun 1932. Beliau menggunakan bangunan tersebut untuk pabrik rokok. Gedung terbesar digunakan untuk pabrik dan museum pembuatan rokok. Pabrik rokok ini merupakan bisnis utama dari keluarga HM sampoerna. Ketika masuk ke dalamnya, anda akan melihat perjalanan pabrik rokok ini. Dari lukisan, artikel, benda kuno dan lainnya.

Museum ini bisa dinikmati untuk umum sejak tahun 2003. Setiap ruangannya memiliki cerita yang berbeda-beda. Di halaman gedung,anda bisa melihat taman yang bersih dan rapi. Berbagai jenis tanaman di rawat disini, sehingga membuat suasana lebih rindang. Halaman museum ini cukup luas, bisa menampung lebih dari 50 mobil. Di depan pintu utama terdapat 4 piliar yang berbentuk batang rokok.

Lihat juga Kebun Binatang Surabaya

Bangunan ini berbentuk seperti benteng kotak dan diatasnya tidak ada atap genteng. Di bagian museum, ada dua lantai yang bisa anda jelajahi. Di lantai pertama terdapat berbagai koleksi yang dimiliki keluarga sampoerna. Di lantai dua digunakan untuk penjualan souvenir dan kaos.

Saat pertama kali masuk ke gedung house of sampoerna, anda akan merasakan aroma cengkeh yang khas. Anda akan disambut oleh pemandu museum dan mengisi buku tamu. Di ruangan pertama ukurannya tidak terlalu besar. Dibagian tengah terdapat kolam bundar dan hidup 9 ikan, sebagai lambang keberuntungan. Selain itu ada bentuk bintang sebagai lambang perusahaan.

Disini anda bisa melihat sebuah lemari yang berisi berbagai foto pemilik perusahaan ini. Selain itu ada foto perjalanan perusahaan dari pertama kali berdiri hingga sekarang. Semuanya ditata dengan rapi, membuat kita terhanyut melihatnya. Disini juga masih tersimpan meja dan kursi yang sudah digunakan sejak dulu. Termasuk kebaya kuno yang disimpan dengan rapi.

Anda bisa melihat replika warung kecil dan sederhana, yang terbuat dari kayu dan atap daun kering. Disini terdapat berbagai jenis toples dan tempat makanan. Termasuk cengkeh dan tembakau untuk merokok zaman dulu. Semua ditata dengan sedemikian rupa, ada lampu sentir, wajan, kendi dan lainnya. Mirip dengan warung-warung zaman dulu, yang masih jadul.

Warung tersebut sebagai bukti bahwa dulu Mr.liem memulai usahanya dengan berjualan di warung yang sederhana. Kemudian beliau melihat peluang tinggi. Ia meracik cengkeh dan tembakau menjadi rokok kemudian menawarkan ke masyarakat. Ternyata rokok buatannya langsung diterima di masyarakat, sampai akhirnya usaha terus berkembang sampai sekarang. Ada banyak hal yang bisa anda temui disini, mengetahui perjalanan sebuah pabrik rokok hingga sebesar sekarang.

Di museum juga terdapat 2 sepeda kuno yang dulu digunakan Mr.Liem untuk berdagang. Terdapat koleksi cengkeh dan tembakau yang berada di dalam keranjang, membuat ruangan berbau tembakau dan cengkeh. Di ruangan selanjutnya terdapat foto keluarga dan jajaran direksi serta komisioner yang bekerja di PT HM Sampoerna. Selain itu terdapat foto pejabat tinggi yang pernah berkunjung ke House of sampoerna. Anda juga bisa melihat foto masyarakat jawa timur zaman dulu, yang mengkonsumsi rokok.

Ada banyak sekali koleksi yang tersimpan disini. Ada buku tentang tembakau, pematik rokok kuno, koleksi korek api dari dulu sampai sekarang. Semuanya tersimpan dengan rapi, bahkan yang terbuat dari kayu tetap terjaga. Di ruang ketiga ada koleksi alat tradisional membuat roko seperti gelas kecil, timbangan, kler dan lainnya. Hampir semua koleksi perjalanan Mr Liem membangun perusahaan ini ada di museum.

Termasuk berbagai jenis rokok yang sudah diproduksi oleh PT sampoerna. Mesin cetak yang digunakan untuk membuat rokok. Perkembangan logo sampoerna dan masih banyak lainnya. Dilantai dua anda bisa melihat berbagai kain batik dan kaos untuk souvenir. Anda juga bisa melihat karyawan yang sedang melinting rokok secara tradisional. Setelah capek berkeliling, anda bisa menikmati makanan yang enak di cafénya.

Lokasi House of Sampoerna

Lokasi house of sampoerna terletak di jalan sampoerna no.6 krembangan utara, pabean, cantian, surabaya. Lokasinya tidak dipinggir jalan besar, anda harus masuk ke gang terlebih dahulu. Anda bisa masuk gang di sebelah jembatan merah plaza. Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan. Dari jembatan merah plaza jaraknya tidak begitu jauh. Bila anda melewati jalan utama harus memutar sekitar 20 menit. Jalan gangnya bisa dimasukin mobil atau motor, jadi anda tidak perlu berjalan kaki.

Untuk cafenya terletak di sebelah timur gedung museum atau gedung utama. Memiliki nuansa yang klasik dan modern. Seperti rumah-rumah zaman dulu. Ruangan di cafénya cukup luas, bisa menampung sekitar 100 orang. Mejanya memakai ornamen kayu yang klasik. Seperti meja-meja zaman dulu. Kursinya juga terbuat dari rotan dan kayu, ditambah dengan bantalan berwarna hitam merah. Sehingga anda merasa sedang berada di rumah nenek di desa. Disekeliingnya terdapat berbagai ornamen yang cantik dan klasik.

Ada berbagai makanan yang disediakan di café house of sampoerna. Ada makanan khas jawa, makanan asia, makanan barat dan masih banyak lainnya. Harga yang ditawarkan pun bervariasi dan masih terjangkau. Di café juga terdapat minibaru, yang dibuat langsung oleh bartender ternama. Di kafe ini juga melayani ruangan Vip untuk tamu bisnis anda.

Harga Tiket dan Jam Operasional House of Sampoerna

House Of Sampoerna

Untuk masuk kesini, tidak dikenakan biaya yang mahal. Anda hanya perlu membayar tiket sekitar Rp 5.000 per orangnya. Museumnya buka dari pukul 09:00 hingga 22:00 wib. Sedangkan cafenya buka dari pukul 11.00 sampai 22:00. Untuk masuk ke café tidak dikenakan biaya, namun untuk menikmati hidangannya anda harus membayar sesuai harga yang tertera.

Lihat juga Klenteng Sanggar Agung Surabaya Jawa Timur

Fasilitas House of Sampoerna

Fasilitas disini sudah lengkap, sehingga pelanggan bisa berkunjung dengan nyaman dan aman. Fasilitas yang disediakan antara lain :

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet yang bersih
  • Café
  • Toko souvenir yang lengkap
  • Pemandu wisata yang ramah
  • Dan lainnya

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di house of sampoerna. Tidak hanya berkeliling melihat koleksi museum yang tersimpan. Anda juga bisa berfoto-foto, menikmati makanan yang enak dan lainnya.