Kota surabaya termasuk kota terpadat di Indonesia. Cuaca disini cukup panas, membuat kita butuh liburan ke alam yang sejuk dan menyegarkan. Mencari ruang terbuka hijau tidak perlu pergi jauh ke luar kota. Pemerintah kota surabaya, mulai membuat taman kota dna juga hutan buatan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi polusi dan dijadikan tempat wisata masyarakat surabaya. Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi adalah hutan mangrove wonorejo.

Keindahan Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan mangrove ini dikenal juga dengan nama wisata anyar mangrove. Kawasan ini pertama kali dibuka pada tanggal 1 januari 2010. Keberadaan hutan mangrove ini memberikan angin segar bagi masyarakat surabaya. Selain dijadikan sebagai penjaga laut dari abrasi. Hutan mangrove juga digunakan sebagai tempat tinggal ikan dan hewan laut lainnya. Bahkan bisa menyimpan jutaan ton karbon, membuat udara lebih segar.

Pohon mangrove yang ditanaman sudah banyak. Dibagian tengannya dibuat jalan setampak dari kayu, sehingga kita bisa berpetualangan dan berkeliling di seluruh hutan, suasananya begitu nyaman dan rindang, anda bisa duduk santai sambil menikmati kawasan hutan yang sejuk. Sangat cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga atau orang tersayang.

Lihat juga Kebun Binatang Surabaya

Luas hutan mangrove ini sekitar 200 hektar. Sudah banyak pohon mangrove yang tubuh tinggi. Dijadikan tempat tinggal 30 spesies hewan yang dilindungi. Salah satunya kera ekor panjang. Selain itu ada 12 spesies binatang dilindungi dan 147 burung. Jika beruntung anda bisa melihat semua binatang tersebut berkeliaran dengan bebas di sekitar hutan.

Di hutan mangrove wonorejo ini, anda juga bisa belajar menanam bibit pohon bakau. Berfoto di sepanjang jalan, memancing, berkemah dan masih banyak lainya. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai foto pre wedding. Pihak pengelola juga menyediakan berbagai wahana air. Anda bisa naik kapal pesiar, speed boot atau perahu berkeliling di sekitar pantai. Ini akan menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Menghilang sejenak dari padatnya dan panasnya kota surabaya.

Hutan ini dijaga dengan baik oleh pemerintah setempat. Anda dilarang menganggu atau membunuh hewan yang tinggi di hutan mangrove. Saat berkeliling dengan menggunakan kapal anda akan melewati sungai panjang. Melihat berbagai macam hewan dan burung yang tumbuh. Terkadang ada kera yang berkeliaran meminta makanan dari pengunjung. Jika anda merawat hutan ini dengan baik, maka kondisinya akan semakin bagus dan membuat surabaya lebih sejuk.

Lokasi Hutan Mangrove Wonorejo

Lokasi hutan mangrove wonorejo berada di jalan raya wonorejo no 1, rungkut, surabaya. Dari Bandar Juanda ditempuh dalam waktu 40 menit. Anda bisa lewat jalan tol waru – juanda. Kemudian keluar di rungkut dan langsung sampai di ekowisata ini. Memasuki hutan mangrove anda akan disambut dengan pohon bangkau yang banyak sekali.

Perjalanan ke hutan mangrove dimulai jalan setapak berbahan dasar kayu, kemudian anda akan melintasi sungai dengan menggunakan kapal atau perahu. Panjang sungai sekitar 5 km dan ditempuh dalam waktu 15 menit. Selama naik perahu, anda akan melihat pohon bakau yang rindah. Jika beruntung anda akan melihat hewan langka yang tubuh disekitar hutan. Setelah menempuh perjalanan, anda langsung sampai di kawasan hutan mangrove.

Harga Tiket dan Jam Operasional Hutan Mangrove Wonorejo

Harga tiket masuk hutan mangrove wonorejo cukup terjangkau. Tidak akan menguras uang liburan anda. Untuk pengunjung dewasa, dikenakan biaya Rp 25.000 per orang. Sedangkan anak-anak Rp 15.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk, sewa perahu atau kapal untuk menuju ke lokasi. Bila pengunjung ramai, anda harus antri menggunakan kapalnya. Biaya parkir sepeda motor sekitar Rp 2000 per motor dan parkir mobil Rp 5.000.

Jika anda ingin berkeliling melihat keindahan hutan mangrove, bisa sewa speed boat. Harga sewanya sekitar Rp 300.000 untuk enam orang. Bila jumlah orangnya banyak, bisa menggunakan kapal jaya samudra yang bisa menampung 50-60 orang. Selain itu bisa menggunakan perahu yang mampu menampung 35-40 orang. Hutan mangrove ini buka setiap hari dari pukul 08:00′

Fasilitas di Hutan Mangrove Wonorejo

Fasilitas di hutan mangrove wonorejo sudah lengkap. Anda bisa menikmati kawasan ini dengan lebih nyaman dan menyenangkan. Fasilitas yang diberikan antara lain :

  • Gazebo

Ada beberapa gazebo yang disediakan disini. Untuk tempat beristirahat setelah lelah berjalan menelusuri hutan. Atau sekedar tempat menikmati makanan yang sudah dibawa sendiri. Bila membawa makanan, jangan lupa untuk membuangnya ke tempat sampah, sehingga tempat wisata tetap bersih dan nyaman.

  • Kapal atau perahu

Fasilitas ini digunakan untuk mengantar pengunjung ke hutan mangrove. Selain itu bisa digunakan untuk berkeliling seluruh hutan selama 1,5 jam. Sehingga anda bisa melihat hewan yang hidup di sekitar hutan.

  • Mushola

Musholanya sudah bersih dan rapi, bisa digunakan untuk tempat beribadah wisatawan

  • Toilet

Ada beberapa toilet yang disediakan oleh pengelola. Toiletnya cukup bersih dan terawat dengan baik.

Selain itu ada fasilitas restoran dengan beranekaragam masakan. Papan edukasi, toko souvenir, parkir yang luas dan masih banyak lainnya. Setiap fasilitas harus dijaga dengan baik, supaya para pengunjung tetap nyaman dan aman berwisata.

Tips Liburan di Hutan Mangrove Wonorejo

Ada beberapa tips yang harus anda lakukan sebelum liburan tempat wisata popular di surabaya ini. Antara lain:

  • Gunakanlah pakaian yang nyaman, karena suasana disana sejuk dan rindang namun agak panas.
  • Jangan lupa untuk membawa air minum, karena di dalam hutan tidak ada penjual. Restoran hanya ada di luar hutan mangrove
  • Bawalah payung, kacamata atau topi supaya tidak terlalu panas berjalan-jalan
  • Bawa kamera untuk mengabadikan semua moment keren di hutan mangrove.
  • Jangan buang sampah sembarangan, selalu jaga semua fasilitas dengan baik.

Berkeliling hutan mangrove bisa menjadi pilihan liburan yang tepat. Apalagi suasana disini sangat sejuk dan rindang. Jalan-jalan setampak dari kayu ditutupi oleh dahan pohon bakau yang rindang. Anda bisa duduk dibawah pohon dan ngobrol santai dengan teman anda. Atau duduk di gazebo sambil menikmati makanan dari rumah. Anda juga bisa menikmati makanan yang disediakan di restoran atau warung makan sekitar tempat wisata.

Lihat juga House Of Sampoerna Surabaya

Terdapat gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat kondisi hutan dari ketinggian. Cobalah datang ke tempat wisata ini sore hari, menjelang matahari terbenam. Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam dari atas gardu pandang. Pemandanganya sangat indah dan mempesona. Atau naik kapal dan melihat matahari terbenam dari atas kapal dan perahu.

Jika anda bingung mencari tempat wisata alam yang menarik di surabaya dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Datanglah ke hutan mangrove wonorejo. Anda bisa sedikit melarikan diri dari panasnya dan penatnya kota surabaya.